Prakondisi Pembukaan 9 Sektor Ekonomi Tetap Utamakan Protokol Kesehatan

Written by Getho on August 5, 2020 in Usaha Rumahan Menguntungkan with no comments.

“Sebelum memulai usaha, riset online sangat perlu untuk dilakukan sebab kebanyakan UKM kita selalu membuat produknya dulu. Jadi mereka tidak tahu goal market siapa, lalu mau dijual dimana,” ujar Kiki memulai presentasinya. Drajat mengatakan bahwa untuk memfasilitasi digitalisasi milenial Jawa Timur, Pemprov.

Diselenggarakan pula event skala nasional dan internasional seperti occasion Wonderful Sail Indonesia. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Nasional Denpasar yang dipercaya menjadi narasumber atas nama Dr. Drs. I Nyomam Rasmen Adi, MS membawakan materi dengan topik Pemilihan Alat Uji Statistik Yang Tepat dalam Penelitian. Kegiatan Workshop dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Al Azar Mataram, Bapak Dr. Drs. H. Sahar, SH, MM. yang diikuti peserta sebanyak 15 orang dosen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Al-Azhar Mataram. Ia menambahkan, untuk menjaga kelangsungan bisnis agar mampu bersaing dan dicintai konsumennya, para pelaku bisnis harus memiliki berbagai ide kreatif.

“Oleh karena itu, kita perlu untuk membekali pengalaman bagi para guru dan kemampuan untuk mengajar jarak jauh,” ujar Agus. Yayah juga menambahkan penyusunan peta proses bisnis mempunyai tujuan agar setiap instasi pemerintah mampu melaksanakan tugas secara efektif dan efisien, mudah mengkomunikasikan baik kepada pihak eksternal maupun inner mengenai proses bisnis yang dilakukan untuk mencapai visi, misi dan tujuan organisasi. ‘’Balitbangkumham telah menyusun dokumen peta proses bisnis stage 2 yang perlu dievaluasi dan dipantau relevansi dan efektivitasnya.

Menjadi salah satu narasumber dalam bisnis

Para mahasiswa dan Narasumber saling bertukar pikiran dan pandangan terkait pro kontra UU Cipta Kerja. Diskusi ini diharapkan dapat menjadi forum ilmiah, untuk mengasah dan meningkatkan kapasitas para intelektual muda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia menuturkan, dari peran yang sangat besar itu, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango memberikan modal bantuan usaha, yang bekerja sama dengan pegadaian, sebagai penyalur, dan telah melakukan inovasi dengan pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan usaha. Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengatakan dalam webinar tersebut terdapat tiga poin penting yang ia sampaikan, terkait usaha membantu serta mengembangkan usaha extremely mikro, di antaranya pertama usaha extremely mikro harus memiliki akses permodalan, ke lembaga keuangan, baik bank maupun non financial institution.

Dengan begitu, dampak revolusi industri four.zero akan terasa di berbagai macam lini usaha. Tidak lagi sebagai alat melainkan sebagai companion dalam pekerjaan dimana, mereka akan menyajikan data dan juga memberikan bantuan pilihan bagi manusia untuk menjalankannya. Sementara itu, pelaku usaha dan konsumen juga ikut terkena dampaknya karena, usaha tidak berjalan lancar serta daya beli konsumen juga ikut terkena dampaknya sehingga, hal ini membuat kegiatan perekonomian menjadi lesu. Pada hari Rabu 21 Oktober 2020, Disnakertrans DIY mengikuti Diskusi Publik yang diadakan oleh SEMMI DIY dan LKBHMI Yogyakarta. Hadir sebagai salah satu Narasumber/Pemateri adalah Bapak Angga Suanggana mewakili Disnakertrans DIY.Diskusi yang diikuti oleh para mahasiswa tersebut berjalan kondusif dan lancar.

Sehingga bisnis UMKM dan koperasi memiliki daya saing yang lebih untuk bersaingan secara nasional dan internasional. “Nantinya kita akan dorong pengusaha muda ini ke media ekonomi kreatif yang berbasis IT , dimana dalam era globalisasi ini salah satu cara untuk memasarkan produk ke mancanegara melalui media sosial ataupun jaringan internet, ” ujar Rai Mantra. Walikota Denpasar Rai Mantra menjelaskan, dalam bisnis kemampuan digital telah mendorong kemajuan sebuah perusahaan dan memberikan kemudahan-kemudahan di semua aspek manajemen. Upaya digitalisasi memang diharapkan bisa membawa dampak positif terhadap perkembangan usaha.

Comments are closed.